Senin, 04 Februari 2013

CIRI FISIK AYAM ADUAN YANG BAGUS

Ciri Fisik Ayam Aduan yang Bagus

Ayam bangkok mempunyai penampilan yang menawan dalam segi fisik, namun dalam segi bertarung ayam bangkok tidak jauh berbeda dengan ayam biasa (lokal) karena bervariasi. Yang jauh berbeda dari ayam bangkok jelas fisik, mental bertarung dan tenaga yang baik juga pukulan yang menjatuhkan. Jika dilihat dari mental, ayam biasa tidak sehebat ayam bangkok karena biasanya ayam lokal sering berani dan tidak, dalam jarak jauh selalu berani mendekat secara colong-colongan dan bisa menyebabkan efek yang kurang baik bagi ayam bangkok (ayam petarung/aduan) karena dapat menjatuhkan mental (membuat hatinya menjadi kecil), lebih baik segera singkirkan ayam yang model begitu tuh..?? (menurut pengalaman beberapa orang, termasuk saya. xixixi).
Berbicara tentang ayam petarung/aduan atau ayam bangkok, mungkin yang harus diperhatikan adalah fisiknya atau bentuk fisik dari ayam tersebut karena menilai dan mengamati penampilan dapat menandakan kekuatan dan teknik bertarung ayam tersebut.
Ciri Fisik Ayam JawaraSedangkan bagian yang harus diperhatikan sebagian adalah; Wajah tebal kuat akan pukulan namun tidak begitu lincah begitu sebaliknya, tulang leher (gulu, dalam bahasa jawa) yang rapat dan besar menandakan kuat terhadap sangkut lawan dan kuat menahan pukulan, badan berbentuk botol atau jika tidak berbadan melok (bonjor) namun padat dengan tulangan yang besar. tulang dada tebal dan besar, brutu besar (bokong) dan capit urang lengan ayun yang rapat menandakan pukulan yang keras. Bulu super, bentuk sayap rapat, panjang dan rapih serta warna rawis tembus sampat kebelakang buntut. Bulu sayap njantung dan bulu buntut merucut tidak megar dan yang jelas sisik ayam yang berbeda juga dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap ayam tersebut, sisik yang kering, merucut lebar ke samping tidak melebar ke depan dan kaki yang panjang adalah tipe ayam yang bagus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar